Laman

Kamis, 08 Maret 2012

PENYIMPANGAN SOSIAL

PENYIMPANGAN SOSIAL

          Penyimpangan sosial di sini adalah segala bentuk perilaku atau tata cara yang tidak menyesuaikan diri dengan kehendak masyarakat dan sekitarnya. Dari kata penyimpangan aja sudah dalam arti kata TINDAKAN atau PERILAKU yang tidak sesuai dengan norma norma yang di pahami di lingkungan sekitar masyarakat.
Penyimpangan bisa aja terjadi akibat ulah seseorang yang tidak mentaati aturan norma norma yang ada di sekitar tersebut (melanggar’a) .
Pada masyarakat tradisinonal dan masyarakat modern penyimpangan terjadi lebih banyak di era modern karena penyimpangan tersebut susah di kendalikan beda sekali dengan masayarakat tradisional penyimpangan jarang terjadi dan situasi tersebut bisa di kendalikan dengan tenang.
            Seperti kebudayaan yang sifat relatif maka penyimpangang juga bersifat relatif. Dalam arti kata “penyimpangan sosial sangat bergantung pada nilai dan norma2 masayarakat yang di berlakukan di lingkungan tersebut” . maka dalam suatu tingkah laku dapat di katakan menyimpang oleh suatu masyarakat belum tentu di tempat lain belum tentu menyimpang.ituah perbedaan nilai dan norma yang berbeda dalam suatu masyarakat di lingkungan tersebut.
            Penyebab dalam perilaku menyimpang tersebut bisa di lihat dari struktur situasi dan kondisi masyarakat yang ada di sekitar mereka.setiap orang itu memiliki latar belakang yang hidup berbeda beda.maka dari setiap orang ada yang mampu ada juga yang engga mampu untuk menjalani  nilai dan norma norma kehidupan bermasayarakat di lingkungan tersebut. Maka, terjadilah penyimpangan tersebut di masyarakat itu.
Contoh’a seperti :
  1. Perbedaan status (si kaya dan si miskin)
  2. Banyaknya pemuda yang putus sekolah
  3. Keluarga yang berantakan
  4. Kebutuhan ekonomi yang serba kecukupan, tanpa haru bekerja keras , dengan cara mencopet, merampok, dan lain lain .
Itu saja yang saya bisa jelaskan tentang tulisan saya,, apabila ada salah kata tolong di maafkan atau di maklumi . .
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar