Laman

Sabtu, 19 November 2011

HARDDISK

Harddisk merupakan suatu ruang simpan utama di dalam computer , PC atau laptop . Yang di dalamnya terdapat seluruh sistem operasi yang berkerja dengan data atau informasi yang disimpan di dalam perangkat tersebut. Harddisk terdiri dari beberapa komponen yang penting.  Apabila kita membuka sebuah harddisk, maka kita dapat melihat berbagai macam rongga kecil yang dikelompokan berdasarkan fugsu terhadap harddisk tersebut. rongga harddisk itu tersebut bekerja secara tertutup. Di dalamnya terdapat rongga yang dimana data tidak boleh di ubah.
Jenis-jenis harddisk bermacam-macam. Misalkan berdasarkan jenis interface-nya, tingkat kecepatan transfer data atau yang lainnya. Dari berbagai macam jenis interface yang ada, ada beberapa jenis yang umum digunakan, yakni ;
- ATA
Merupakan singkatan dari Advance Teknologi Attachment. Yakni antarmuka standar untuk menghubungkan peranti penyimak seperti harddisk, drive CD-ROM di computer. Standar ATA dikelola oleh komite yang bernama X3/INCITS T13. Nama lain dari ATA yakni IDE dan ATAPI.density tingkat kepadatan'a didalam bit di sebuah piringan data pada media penyimpanan pada storage termasuk harddisk
- SATA
SATA (serial advanced technology atachmenent) Merupakan pengembangan dari ATA dan didesain untuk menggantikan ATA secara total. Kelebihannyapun yakni dapat mengakomodasi transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan ATA sederhana. yang berinterface dan command set'a yang di transfer ke data PC bus.SATA bekerja secara serial dengan cara menggunakan kabel secara ringkas.
- SCSI
SCSI (small computer system interface) Merupakan standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara computer dan peripheral lainnya. Keunggulan SCSI ini yakni menyajikan kecepatan transfer data yang lebih cepat diantara standar lainnya. Penggunaan SCSI banyak terdapat di harddisk dan tape drive, selain itu SCSI juga terdapat di dalam scanner dan peranti optic seperti CD dan DVD. Berdasarkan tingkat putarannya pun, harddisk tipe IDE memiliki kecepatan putaran 5400 rpm dan 7200 rpm. Sedangkan harddisk SCSI dapat berputar antara 10.000 rpm sampai 12.000 rpm. Semakin banyak putaran, maka semakin cepat pula data yang di transferkannya.SCSI ini lebih banyak di gunakan di workstation dan server dan desktop lebih mengandalkan interface ATA/IDE . SCSI ini di gunakan untuk keperluan personal yang mengeluarkan biaya yang cukup mahal.
- RAID
RAID (Redundant Array of Independent Disk) merupakan perangkat yang merujuk kepada sebuah teknologi di dalam penyimpanan data computer yang digunakan untuk mengimplementasikan kesalahan pada media penyimpanan computer . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar