Laman

Sabtu, 03 November 2012

Fenomena kehidupan remaja


Kehidupan remaja sekarang ini sangat berbeda dengan kehidupan remaja pada jaman dahulu. Jaman sekarang ini, banyak sekali remaja yang memakukan kenakalan-kenakalan seperti yang sering tejadi. Kenakaln remaja tersebut merupakan bentuk penyimpangan dari perilaku remaja yang dapat melanggar norma maupun hukum.
Jika pada tahun-tahun sebelumnya hanya 1 atau 2 orang saja yang melakukan itu juga dari kalangan menengah keatas saja tetapi sekarang ini sudah dari kalangan menengah kebawah juga sudah melakukan. Seks bebas sendiri tadinya hanya dilakukan karena kurang nya kasih sayang dari orang tua sehingga anak mencari kepuasan dari luar tetapi sekrang ini hal tersebut dilakukan karena untuk mencari kepuasan saja. Malah sekarang ini, hal seperti itu dijadikan alas an oleh para remaja sebagai pembuktian cinta mereka terhadap pacarnya dan atas dasar suka sama suka. Malah sekarang jika pacaran tidak melakukan ML pacaran tersebut akan terasa hambar. Biasanya mereka melakukannya dirumah, dihotel, atau bahkan di sekolah pun masih bisa melakukan hal tersebut.
Banyak hal para remaja melakukan hal tersebut diantaranya adalah pergaulan yang kelewat batas, lingkungan, media massa juga berperan dalam hal tersebut seperti internet dan televise. Hal-hal yang mempengaruhi remaja melakukan ML diantaranya:
- Mereka tidak dapat mengatakan TIDAK kepada pacar mereka karena takut diputusun atau ditinggal jika mereka menolak untuk melakukan hal tersebut.
- Terkadang ada juga remaja yang sudah mengatakan tidak tetapi pacarnya memaksa untuk melakukan hal tersebut sehingga para remaja tidak bisa menolak lagi. Hal tersebut biasanya dijadikan pembuktian cinta padahal sebenarnya jika memang benar-benar cinta hal tersebut dilakukan setelah menikah bukan diluar nikah.
- Takut dianggap cupu atau bukan anak gaul jika tidak melakukan hal tersebut.
Sebenarnya jika kita melakukan ML diluar nikah banyak sekali dampak-dampak atau resiko yang akan terjadi. Salah satunya adalah hamil, jika sudah seperti ini siapa yang akan bertanggung jawab ujung-ujungnya melakukan aborsi. Selain itu, bisa juga terkena AIDS jika sering melakukan nya dan berganti-ganti pasangan, PMS atau yang lebih dikenal dengan Penyakit Menular Seksual. Hal tersebut bisa ridak terjadi jika para remaja tersebut dapat menahan diri dan juga pengetahuan tentang bahayanya melakukan ML. Selain itu, peran orang tua dan guru disekolah-sekolah juga berperan dalam memberikan penyuluhan-penyuluhan mengenai masalah tersebut. Hal yang paling mendasar untuk mencegah hal tersebut adalah pendidikan Agama yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar