Laman

Minggu, 08 Desember 2013

Pengertian ekonomi makro dan mikro beserta perbedaannya



Ekonomi Mikro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku dari pihak ekonomi individual,seperti: rumah tangga, perusahaan, dan struktur industri. Ekonomi mikro membahas tentang alokasi dan efisiensi sumber daya pada pasar.
Dari tujuan ekonomi mikro adalah menganalisis pasar beserta cara kerja  yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisis kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien dan serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.
         3 teori dalam ekonomi mikro antara lain:
  1. Teori harga, yaitu melihat interaksi antara penawaran dan permintaan barang jasa didalam suatu pasar, factor-faktor yang mempengaruhinya: struktur pasar, elastisitas penawaran, serta permintaan dan sebagainya.
  2. Teori produksi, yaitu menganalisa biaya produksi serta tingkat produksi optimal bagi produsen sehingga mencapai tingkat laba maksimum.
  3. Teori distribusi, yaitu membahas tingkat upah tenaga kerja, tingkat bunga yang harus dibayarkan kepada pemilik modal, serta tingkat keuntungan dari pengusaha.

  • Pengertian Ekonomi makro
studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makro-ekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyakarakat, perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.
Makro-ekonomi meliputi berbagai konsep dan variabel, tetapi selalu ada tiga topik utama untuk penelitian makro-ekonomi. Teori-teori makro-ekonomi biasanya terhubung dengan fenomena keluaran, pengangguran dan inflasi. Diluar teori makro-ekonomi, topik-topik tersebut juga sangatlah penting untuk semua agen ekonomi termasuk pekerja, konsumen dan produsen.

Dalam  permasalahan di bidang makro ekonomi ini terdapat 7 yaitu
1.      Pengangguran
2.      Inflasi
3.      Hutang luar negeri
4.      Krisis nilai tukar
5.      Perbankan
6.      Kemiskinan dan pemerataan
7.      Pertumbuhan ekonomi

Perbedaan makro dan mikro ini di lihat secara signifikan dari tujuan analisis dari ekonomi makro itu lebih memfokuskan analisis pada kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara menyeluruh sedangkan  ekoomi mikro sendiri lebih memfokuskan bagaimana dia menganalisis pada mengalokasikan sumber daya agar di capai dalam kombinasi yang tepat pada tujuam tertentu contoh dalam sumber daya pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar